Kamis, 27 Maret 2014

langkah-langkah membuat burung-burung dari kertas origami

Cara dan Langkah Membuat Origami Burung [Update]




cara membuat origami burung LM


Cara Membuat Origami berbentuk Burung — Origami adalah kesenian melipat kertas yang berasal dari negeri Sakura "Jepang", terdapat banyak sekali bentuk-bentuk yang bisa dibuat dengan teknik origami, mulai dari hewan, pakaian, benda-benda mati dsb, dan kertas yang digunakan juga bermacam-macam tergantung pada bentuk apa yang akan dibuat. Ini adalah artikel pertama di Lingkaran Media yang membahas cara membuat origami. Yang akan kita bahas sekarang adalah origami bentuk burung yang sudah umum. Mungkin kamu sebelumnya sudah pernah melihat origami burung, tapi sudahkah kamu mengetahui langkah langkah membuat origami burung tersebut ?
Langkah membuat origami burung :
1. Sediakan kertas bentuk persegi, atau kertas warna warni yang dijual di toko toko alat tulis dan buku.
origami burung LM1
2. Lipat kertas menjadi bentuk segitiga, lalu ulangi melipat ke bentuk segitiga sekali lagi.
origami burung LM2
origami burung LM3
3. Buka kembali lipatan (kembali ke bentuk semula) sehingga pola pola garis terlihat di kertas. Lipat kertas ke bentuk seperti berikut :

origami burung LM4
origami burung LM5
Lakukan lipatan seperti di atas pada setiap sudut kertas (total 4 kali).
4. Buka kembali lipatan dan pola pola garis pada kertas menjadi lebih banyak. Pola garis tersebut akan membantu dalam membentuk lipatan di langkah selanjutnya.
origami burung LM6

5. Lipat lagi kertas secara diagonal, agar menjadi bentuk segitiga.
origami burung origami jepang Lingkaran Media
6. Lipat kedua sudut segitiga ke arah bagian dalam.
origami burung origami jepang Lingkaran Media

7. Berikut adalah hasil dari lipatan di langkah "6". Rubah dari bentuk A pada gambar, menjadi bentuk B.

origami burung origami jepang Lingkaran Media

8. Nah, sekarang, kalian pasti melihat ada garis lipatan seperti pada gambar A. Lipatlah sudut kertas ke arah dalam mengikuti garis lipatan, menjadi seperti gambar B. Lakukan pada semua sisi, yaitu 4 sisi.
 Hasilnya seperti ini :
origami burung LM8
Lalu lipat menjadi seperti ini :
origami burung LM9
9. Lipat bagian ujung atas ke bawah, lalu pipihkan. Lakukan juga pada sisi sebaliknya.

10. Lipat kertas menjadi seperti ini : Pastikan bagian yang membelah ada di atas, lalu lipat sisi kanan dan kiri kertas ke tengah, lakukan juga pada sisi sebaliknya (bagian belakang).
origami burung LM11
11. Lipat dan jadikan sisi yang terlihat (pada langkah 10) menjadi tertutup dengan cara tarik bagian kakan dan kiri ke tengah. Lakukan juga pada sisi sebaliknya, maka akan terlihat sisi seperti ini :
origami burung LM12
12. Putar kertas 180° (tukar posisi atas & bawah), lalu lipat bagian ujung bawah ke atas. Beri jarak antara bagian yang baru saja dilipat (ini akan menjadi kepala dan ekor burung) dengan ujung atas kertas yang terbelah (menjadi sayap). Lakukan juga pada sisi sebaliknya.
origami burung LM13
origami burung LM14
13. Tukar sisi yang terlihat (tukar seperti langkah 11).
origami burung LM15
14. Tarik kedua ujung teratas, perlahan-lahan untuk membuka bentuk sayap, dan badan burung. Pelan-pelan saja agar kertas tidak sobek.
cara membuat origami burung LM 16
15. Bentuk bagian kepala dan paruh burung dengan menekuk ke bawah salah satu ujung yang lancip. Dan jadilah "burung-burungan" (bicara dengan gaya doraemon), origami tentunya.

origami burung LM17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar